Pepadu Corona dari Tengah Pulau Lombok

16th April 2020    719 Views

MATARAM, beritadepan.com – Tri Marlin Syamsurijal begitu nama yang diberikan oleh orang tuanya. Ia adalah lelaki yang lahir di Tibu Sisok, Janapria, Lombok Tengah.

Masa kanak-kanak Pak Marlin (begitu sapaan akrabnya) dihabiskan di kampung halamannya bersama kedua orang tua dan dua orang kakaknya hingga menamatkan Sekolah Dasar.

Setelah lulus SD pada tahun 1992, Marlin kecil memberanikan diri merantau ke kota Mataram untuk melanjutkan sekolah ke jenjang SMP. Di sinilah Marlin kecil mulai terbentuk karakternya yang mandiri dan sangat terbuka, karena bergaul dengan teman-temannya dengan latar belakang suku, agama dan budaya yg berbeda-beda.

Pada akhirnya Marlin remaja menyelesaikan pendidikan menengah atasnya di SPRG (Sekolah Pengatur Rawat Gigi) Dep. Kes. RI Jakarta di tahun 1999. Beberapa bulan setelah lulus di SPRG Dep. Kes. RI, dia kembali ke tanah kelahirannya untuk mengabdikan diri dengan mencoba peruntungan mengikuti seleksi CPNS di provinsi NTB. Walaupun saat itu banyak tawaran untuk bekerja di berbagai klinik kesehatan gigi di Jakarta, bahkan tawaran untuk menjadi tenaga pengajar di lembaga pendidikan tempatnya sekolah pun dengan berat hati ditinggalkan. Beruntungnya dia berhasil lulus seleksi CPNS mengisi formasi 2 orang se-provinsi NTB dengan menyingkirkan ratusan peserta seleksi pada waktu itu. Kemudian untuk memenuhi standar tenaga kesehatan, dia menyelesaikan jenjang Diploma 3 di AKG (Akademi Kesehatan Gigi) Mataram.

Dan kini, di masa kerja yang sudah mencapai 20 tahun lebih di instansi pemerintahan, lelaki yang fasih berbicara bahasa Timor Leste ini, ikut berjuang menghadapi pandemi yang sangat menakutkan saat ini, yaitu Covid-19.

Bersama rekan-rekan sejawat di tempatnya bertugas, Marlin mengambil peran untuk berjuang memutus rantai penularan Covid-19 melalui penyuluhan di tiap posyandu maupun di setiap perkumpulan massa. Ikut serta melacak warga masyarakat yang baru pulang dari luar daerah maupun luar negeri.

Pria yang juga dipercaya sebagai wakil ketua PTGMI (Persatuan Terapis Gigi dan Mulut Indonesia) cabang Lombok Tengah ini selalu aktif menggunakan APD (Alat Pelindung Diri) dalam bertugas, agar sedapat mungkin terhindar dari penularan Covid-19.

Di dalam gedung tempatnya bertugas, Puskesmas Aik Darek, kecamatan Batukliang, Lombok Tengah, Marlin dan rekan rekan team medis lainnya selalu aktif dan tanpa kenal lelah selalu memberikan edukasi dan penjelasan kepada setiap pengunjung puskesmas mengenai bahaya Covid-19, cara penularan dan cara pencegahannya.

Ia selalu berharap agar masyarakat mau bekerjasama dengan pemerintah melalui petugas kesehatan dengan melaporkan apabila ada warga yang baru pulang kampung. Selain itu juga agar seluruh masyarakat mengikuti anjuran untuk belajar, bekerja dan beribadah di rumah saja. Menjaga kebersihan pribadi terutama mandi, dan cuci tangan sebelum dan sesudah makan, serta selalu menjaga jarak dengan orang lain (physical distancing) minimal 1 meter. Dan yang terakhir berdo’a agar terhindar dari virus Covid_19. (afl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

PHK DI MASA COVID-19

Thu Apr 16 , 2020
<div class="at-above-post addthis_tool" data-url="http://beritadepan.com/2020/04/16/pepadu-corona-dari-tengah-pulau-lombok/"></div>Oleh : Dr. Mustakim, S.H., M.H.Advokat dan Dosen Fakultas Hukum Universitas Nasional / JAKARTA, beritadepan.com – Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) terjadi besar-besaran di Indonesia di masa penyebaran Covid-19. Data resmi dari Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi (Nakertrans dan Energi) DKI Jakarta menyebutkan, sekitar 3.611 pekerja dari 602 perusahaan di […]<!-- AddThis Advanced Settings above via filter on get_the_excerpt --><!-- AddThis Advanced Settings below via filter on get_the_excerpt --><!-- AddThis Advanced Settings generic via filter on get_the_excerpt --><!-- AddThis Share Buttons above via filter on get_the_excerpt --><!-- AddThis Share Buttons below via filter on get_the_excerpt --><div class="at-below-post addthis_tool" data-url="http://beritadepan.com/2020/04/16/pepadu-corona-dari-tengah-pulau-lombok/"></div><!-- AddThis Share Buttons generic via filter on get_the_excerpt -->