Penanganan Pengujian Perppu Covid di MK, Prioritaskah??

28th April 2020    118 Views

JAKARTA, beritadepan.com – Penanganan Perppu No. 1 Tahun 2020 oleh Mahkamah Konstitusi mendapatkan Prioritas dibanding Perkara-perkara lain yang sudah terdaftar bahkan sudah teregistrasi. Padahal jika kita melihat ketentuan Pasal 34 ayat (1) UU MK seharusnya Mahkamah menetapkan hari sidang pertama dalam jangka waktu paling lama 14 hari sejak permohonan dicatat dalam Buku Registrasi Perkara Konstitusi. Seperti perkara No. 20/PUU-XVIII/2020 yang telah diregistrasi sejak tanggal 04 Maret 2020 namun belum juga ditetapkan jadwal sidang pertamanya hingga hari ini, namun Perkara tersebut kemudian di lompati dengan Perkara No. 23-24-25/PUU-XVIII/2020 tentang Pengujian Perppu No. 1 Tahun 2020.

Prioritas penanganan Perppu seharusnya bukan menjadi alasan untuk mengenyampingkan perkara yang telah diregistrasi sebelumnya karena pada dasarnya semua memiliki hak konstitusional yang sama yakni Perlakuan yang sama dihadapan hukum (Pasal 28D ayat (1) UUD 1945). Artinya Perkara-perkara yang sudah terlanjur diregistrasi juga harus disidangkan minimal sampai sidang perbaikan permohonan (hanya 2 perkara selain perkara perppu) tujuannya agar MK tidak melanggar Pasal 34 ayat (1) UU MK.

Sebagaimana disampaikan Hakim Konstitusi YM Danil Yusmic P Foekh dalam keterangan yang dimuat website MK (Senin, 27 April 2020) mengatakan bahwa “Mengingat masa berlaku Perppu terbatas, maka wajar apabila permohonan terkait pengujian Perppu No. 1 Tahun 2020 akan diprioritaskan.”

Menanggapi Pernyataan tersebut. pada prinsipnya saya setuju dalam hal pengujian Perppu di Mahkamah Konstitusi harus ada batas waktu penanganan perkara karena memang keberlakuan perppu yang memiliki batas waktu untuk disetujui menjadi UU atau ditolak oleh DPR, sementara saat perppu di berlakukan incasu diundangkan, ada kekuatan hukum yang mengikat yang dapat melanggar/merugikan hak konstitusional Warga Negara.

Namun penerapan prioritas perkara yang dimaksud, seharusnya bukanlah sekedar mendahulukan penanganan Pengujian Perppu dan mengenyampingkan Perkara lainnya (terutama yang sudah diregistrasi tapi belum disidangkan). Namun prioritas penanganan dimaksud adalah lamanya jeda waktu persidangan, dimana jeda jadwal persidangan dalam kondisi normal biasanya berjarak 1 s.d 2 minggu untuk masuk agenda sidang berikutnya. Maka dalam hal pengujian perppu prioritas itu dapat dilakukan dengan dilakukan sidang yang berjarak 1-3 hari untuk masuk ke agenda selanjutnya.

Selain itu prioritas penanganan pengujian perppu harus juga termasuk pada penetapan jadwal pengucapan putusan, jangan sampai pengucapan Putusan Pengujian Perppu digelar dengan jeda yang cukup lama bahkan dalam beberapa perkara pengujia perppu, jadwal pengucapan putusan dilakukan setelah perppu ditetapkan menjadi UU oleh DPR (contoh Pengujian Perppu Pilkada Langsung). Apabila pengucapan putusan dilakukan setelah perppu ditetapkan menjadi UU oleh DPR maka dalam amar putusannya Mahkamah akan menyatakan bahwa permohoan perppu telah kehilangan Obyek seperti yang pernah saya alami.

Jakarta, 28 April 2020
Viktor Santoso Tandiasa, S.H., M.H.
Constitutional Lawyer

(alf.)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Dampak Akademik Covid 19: Mem­buka Ak­ses yang Ter­tutup

Wed Apr 29 , 2020
<div class="at-above-post addthis_tool" data-url="http://beritadepan.com/2020/04/28/penanganan-pengujian-perppu-covid-di-mk-prioritaskah/"></div>Oleh:M. Zulfa Aulia(Editor Petitum.id) JAKARTA, beritadepan.com – Syah­dan, pan­demi Covid 19 mem­bawa dampak pada banyak penu­tu­pan berba­gai hal yang se­belum­nya (harus) ter­buka. Seko­lah, kan­tor, tem­pat wisata, rumah ibadah, hingga ak­ses jalan kam­pung dan kini juga kota, banyak yang di­tutup. Kalaupun tidak di­tutup ya di­batasi. Intinya, arus per­jumpaan dan ma­suk-keluar orang-barang […]<!-- AddThis Advanced Settings above via filter on get_the_excerpt --><!-- AddThis Advanced Settings below via filter on get_the_excerpt --><!-- AddThis Advanced Settings generic via filter on get_the_excerpt --><!-- AddThis Share Buttons above via filter on get_the_excerpt --><!-- AddThis Share Buttons below via filter on get_the_excerpt --><div class="at-below-post addthis_tool" data-url="http://beritadepan.com/2020/04/28/penanganan-pengujian-perppu-covid-di-mk-prioritaskah/"></div><!-- AddThis Share Buttons generic via filter on get_the_excerpt -->