Geliat Islam di Rusia: Catatan Diplomat Indonesia

2nd May 2020    169 Views

Data Buku

Judul : Geliat Islam di Rusia: Catatan Diplomat Indonesia

Penulis : Aji Surya dan dan Frasminggi Kamasa

Penerbit : Kompas

Halaman : 288 Halaman

Buku Geliat Islam di Rusia ditulis oleh Aji Surya seorang diplomat Indonesia yang bekerja di Kedutaan Indonesia di Rusia. Islam di Rusia tidak pernah luluh dan kini di tengah demokrasi yang berkembang, Islam kembali mendapat tempat di Rusia.

Buku ini menceritakan Islam dari zaman datang ke Rusia hingga ke Federasi Rusia saat ini. Dari buku ini kita bisa mengetahui bahwa Rusia adalah negara multikultural dan multietnis seperti Indonesia. Dua agama terbesar adalah kristen ortodoks yang berjumlah 71,8% dan Islam sebesar 15,5% dari fakta ini membuatku terkejut wah ternyata agama islam adalah agama kedua terbesar pemeluknya di Rusia.

Sebagaian besar isinya juga mudah dimengerti, namun bagi penyuka sejarah buku ini hanya gambaran umum saja. Keunggulan buku ini adalah adanya gambar-gambar sehingga pembaca jadi mudah memahami dan juga bahasa yang digunakan ringan dan santai.

Fenomena lain yang luar biasa dalam buku ini adalah ternyata mayoritas muslim Rusia, termasuk orang miskin sekalipun, berkeinginan besar untuk dapat pergi haji ke Baitullah. Berbagai upaya pun dilakukan pemerintah Rusia untuk mendukung demi terlaksananya haji.

Salah satunya dilakukan oleh Suleman Kerimov, pengusaha minyak ternama di Rusia, pun mengagendakan hampir setiap tahun memberikan haji gratis kepada orang miskin. Masing-masing mereka mendapatkan 2.800 dolar AS. Uniknya, agar perjalanan bisa berjalan lancar dan efisien, para jemaah calon haji difasilitasi dengan pesawat pribadi milik si miliuner muslim tersebut (hal: 204). Ini menunjukkan betapa sangat pedulinya muslim Rusia yang kaya terhadap yang papa.

Sebuah catatan yang cukup lengkap dari sebuah perjalanan seorang diplomat di Rusia. Di awal memang terkesan monoton dan cukup berat dengan keterangan sejarah Rusia yang mendalam, namun penjelasan tersebut justru merupakan pendukung yang kuat bagi bahasan-bahasan selanjutnya. Overall, menarik dan mengharukan.Cocok dibaca bagi yang ingin tahu tentang sejarah Islam di Rusia.

(Afriyan Petitum)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Pengadilan Tinggi NTB Bagi Sembako Kepada Honorer Peradilan Umum

Tue May 5 , 2020
<div class="at-above-post addthis_tool" data-url="http://beritadepan.com/2020/05/02/geliat-islam-di-rusia-catatan-diplomat-indonesia/"></div>Mataram, beritadepan.com – Pengadilan Tinggi NTB menggelar bhakti sosial pada hari senin yang lalu tanggal 4 Mei 2020, berupa pemberian bantuan sembako kepada seluruh honorer Peradilan Umum sepulau Lombok. Kegiatan ini diberi nama “Pengadilan Tinggi NTB Peduli”, yang bertujuan untuk meringankan beban para honorer Peradilan Umum di masa pandemi covid-19 […]<!-- AddThis Advanced Settings above via filter on get_the_excerpt --><!-- AddThis Advanced Settings below via filter on get_the_excerpt --><!-- AddThis Advanced Settings generic via filter on get_the_excerpt --><!-- AddThis Share Buttons above via filter on get_the_excerpt --><!-- AddThis Share Buttons below via filter on get_the_excerpt --><div class="at-below-post addthis_tool" data-url="http://beritadepan.com/2020/05/02/geliat-islam-di-rusia-catatan-diplomat-indonesia/"></div><!-- AddThis Share Buttons generic via filter on get_the_excerpt -->

Baca Juga